Berita PDAM Intan Banjar

Kabar Terbaru

RAPAT UMUM PENYERTA MODAL (RUPM) 2011

July 17, 2012

TAHUN BUKU 2011 PDAM INTAN BANJAR

Pada hari Selasa Malam Tanggal 17 Juli 2012  dilaksanakan Rapat Umum Penyertaan Modal PDAM Intan Banjar di Grand Mercure Banjarmasin, disampaikan laporan pertanggungjawaban Direksi dan Dewan Pengawas PDAM Intan Banjar tahun 2011.

Tampak hadir dalam rapat tersebut  Wakil Gubernur Pemerintah Rudy Resnawan, Bupati Banjar H. Pangeran Khairul Saleh, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Dr Sjahriani Syahran,  para pejabat lingkup pemerintah Provinsi Kalimantan SelatanKota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

 

Pembenahan terus dilakukan PDAM Intan Banjar. Permasalahan terganggunya distribusi air yang kini dialami kawasan Landasan Ulin, Kertak Hanyar dan Gambut, bakal segera teratasi dengan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru di Jalan Gubernur Syarkawi, saat ini telah  dilakukan penggantian pipa ACP di sepanjang jalan A. Yani  dengan melakukan kerjasama pihak swasta  dengan nilai proyek sebesar 20 milyar rupiah.Dirut PDAM Intan Banjar, H.Rifqie Basri, mengatakan target pembangunan dua IPA tersebut menunggu persetujuan Pemkab Banjar melalui Rapat Umum Penyertaan Modal (RUPM) Tahun Buku 2011 PDAM Intan Banjar. “Melalui laporan pertanggungjawaban inilah kita ingin meminta persetujuan untuk pengembangan ke depan,”.

Dua IPA rencananya akan dibangun di kawasan jalan Gubernur Syarkawi dan di Pinus Banjarbaru. Untuk di Jalan  Gubernur Syarkawi, bisa menghasilkan 500 liter per detik pasokan air. Dengan dua tahapan, 250 liter / detik untuk melayani 20 ribu pelanggan dan IPA II Pinus mencapai cakupan 1.500 liter / detik hingga 2030. Dia berharap ada persetujuan untuk pengembangan PDAM Intan Banjar yang ingin memperluas cakupan layanan, melalui kerjasama dengan swasta.Pertama kita perlu penyertaan modal fresh money, dilanjutkan proyek dengan dinas terkait. Kita punya keterbatasan modal, oleh karena itu perlu menggaet pihak swasta.

Sebetulnya kebutuhan PDAM Intan Banjar adalah 1,1  trilyun rupiah. Kira – kira setengahnya nanti kita dapatkan dari bantuan pemerintah pusatsebesar 375 milyar rupiah dari semula hanya menyetujui 160 milyar rupiah. Namun tahap pertama ini pusat baru sanggup mengalokasikan dana 25 milyar dulu dari 375 milyar rupiah tersebut.Cakupan layanan mencapai 34,26 persen yakni 40.802 pelanggan. Sementara untuk penyertaan modal rentang waktu 2006 hingga 2011 dari Pemprov Kalsel sebesar 31 milyar rupiah, Kabupaten Banjar 62,62 milyar rupiah dan Kota Banjarbaru 19,20 milyar rupiah,” .PDAM Intan Banjar mengharapkan Pemprov Kalsel dapat mengalokasikan kembali anggaran sesuai dengan kesepakatan di MOU Nomor.2 Tahun 2010 antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Banjar dan Pemerintah Kota Banjarbaru tentang  Sharing Pembiayaan Pengembangan Pelayanan  Air Minum pada PDAM Intan Banjar.

Ketua Badan Pengawas PDAM Intan Banjar Ir.Mursal menyampaikan, terkait kendala yang dihadapi selama ini, PDAM Intan selalu sanggup memperbaiki kinerjanya yang dibuktikan dengan capaian nilai 62,81 (audited) atau berkinerja baik. “Meningkat sebesar 1,28 persen dibandingkan tahun 2010 dengan nilai 61,3. Hal ini merupakan hasil kerjasama yang baik dari jajaran PDAM mulai staf hingga dewan direksi serta dewan pengawas, dibawah binaan Gubernur Kalsel, Bupati Banjar dan Walikota Banjarbaru.

Author:

Polls

Kualitas air PDAM

View Results

Loading ... Loading ...