Berita PDAM Intan Banjar

Kabar Terbaru

BOOSTER MUSLIMIN MULAI BEROPERASI

June 13, 2011

Booster musliminPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar terus berbenah. Sejumlah program percepatan baik secara paralel untuk meningkatkan kinerja perusahan maupun untuk meningkatkan mutu pelayanan gencar dilakukan.

Diantaranya dengan diresmikannya pemakaian Booster ke-3, yakni Bosster Muslimin, oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan., Senin (13/6). Kehadiran Booster ini  setidaknya akan menjawab kebutuhan air bersih ketiga wilayah yakni Cempaka, Trikora dan Sungai Ulin dengan cakupan pelayanan mencapai 3.000 pelanggan.Selain wagub, peresmian booster muslimin ini juga dihadiri Bupati Banjar Khairul Saleh dan Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor.

Menurut Direktur Utama PDAM Intan Banjar Rifqie Basri , pelayanan air bersih yang mampu dipenuhi PDAM yang dikelola Pemkab Banjar dan didukung Pemkot Banjarbaru itu baru mencapai 30 persen dari target MDGs 80 persen pelanggan.

Jumlah pelanggan yang terlayani 30 persen itu setara 35.000 pelanggan sehingga baru mampu melayani 200 ribu jiwa dari total jumlah penduduk Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru sebanyak 700 ribu jiwa lebih.

Dikatakan, pihaknya terus berupaya mencari terobosan untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada para pelanggan yang tersebar di dua kabupaten dan kota tersebut.

Terobosan itu diantaranya meminta Pemkab Banjar dan Pemkot Banjarbaru mengalokasikan dana penyertaan modal sehingga diperoleh dana untuk peningkatan kapasitas produksi maupun perbaikan jaringan pipanisasi.

“Dana penyertaan modal yang diberikan selama 2010 sebesar Rp14 miliar lebih terdiri dari Pemkab Banjar dan Pemkot Banjarbaru masing-masing Rp6 miliar dan Pemprov Kalsel sebesar Rp2,5 miliar,” ujarnya.

Langkah strategis lain yang ditempuh adalah meminta bantuan dana pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum untuk menambah sumber air baku baru sebagai pemasok utama air bersih perusahaan daerah tersebut.   “Bantuan dana yang diusulkan sebesar Rp260 miliar dan sudah disetujui sebesar Rp50 miliar sehingga bisa digunakan untuk persiapan pengolahan sumber air baku di Desa Mandi Kapau Kecamatan Karang Intan,” sebutnya. Dikatakan, pengolahan sumber air baku di Desa Mandi Kapau itu ditargetkan terealisasi pada 2012 sehingga cakupan pelayanan lebih besar dan kualitas pelayanan lebih meningkat.

Author:

Rudi Hadi Suwarno on August 1, 2012 AT 12 am

selamat diresmikannya pemakaian Booster ke-3 oleh PDAM Intan Banjar

Polls

Kualitas air PDAM

View Results

Loading ... Loading ...