Berita PDAM Intan Banjar

Kabar Terbaru

DIKLAT MANAJEMEN TINGKAT MUDA & UJI KOMPETENSI DPD PERPAMSI KALIMANTAN SELATAN SE-KALIMANTAN SELATAN, TENGAH & TIMUR

May 30, 2013

Diklat Manajemen Tingkat Muda DPD PERPAMSI KALIMANTAN SELATAN ini berlangsung pada tanggal 20 – 25 Mei 2013 bertempat di Hotel Montana Syariah, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Acara secara resmi dibuka langsung oleh Ketua DPD PERPAMSI KALIMANTAN SELATAN Rahmatullah, SE didampingi oleh sekretaris DPD PERPAMSI KALIMANTAN SELATAN Syaiful Anwar, SAP, MAP dan dihadiri oleh Ketua DPP Perpamsi Bidang penyehatan yang juga sebagai Direktur Utama PDAM Intan Banjar Drs. H. M. Rifqie Basri, MS serta Ketua YPTD (Yayasan Pendidikan Tirta Dharma) Ir. Rama Boedi, Msi, IPM, dimana pada kesempatan itu beliau menyatakan sangat mendukung dengan adanya diklat ini dan mengaku bangga terselenggaranya diklat ini. Diceritakan beliau, kebutuhan akan tenaga professional di level Manajer di masing-masing PDAM dengan kemampuan yang baik sangat mendesak, karena tantangan ke depan di bidang air minum semakin besar. Sekarang, dengan adanya kegiatan diklat ini diharapkan akan tercipta manajer-manajer di bidang air minum memiliki kompetensi tinggi, ujarnya.

Pada diklat kali ini yang bertindak sebagai Pemateri adalah Ir. Rama Boedi, Msi, IPM yang menyampaikan materi diklat tentang “KEPEMIMPINAN DASAR”, Pemateri kedua Dr. Dra. Iswiyati Rahayu, M.S., menyampaikan materi tentang “KOMUNIKASI”, pemateri ketiga Dr. H. Nurus Sjamsi, SE, MM, menyampaikan materi tentang “MANAJEMEN SISTEM INFORMASI”, pemateri keempat Adyanto dari BPKP menyampaikan materi tentang “MANAJEMEN KEUANGAN & AKUNTANSI” dan ‘MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG”, pemateri kelima Dina Fithria, SE seorang pengawas ketenagakerjaan dari Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Kab. Banjar menyampaikan materi tentang “MANAJEMEN K3 (KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA) dan pemateri keenam Pawitasari Francisca, ST, MIWRM, menyampaikan materi tentang “MANAJEMEN 0/M SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM.

Uji Kompetensi untuk para peserta diklat kali ini berlangsung pada tanggal 25 Mei 2013, yang dilaksanakan oleh Tim assesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi Air Minum Indonesia (LSP-AMI). Seluruh peserrta diklat ikut dalam uji kompetensi ini.

Acara ini dihadiri oleh para peserta yaitu para kasubag & staf senior dari berbagai PDAM se Kalimantan Selatan,Tengah & Timur. Peserta keseluruhan sebanyak 35 orang.

Pelaksanaan diklat ini sangat penting karena merupakan ajang untuk menimba ilmu pengetahuan dan berbagi pengalaman terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi PDAM. Diklat ini dilaksanakan untuk level Supervisor, Kasubag, Kasie maupun staff senior. Besar harapan dengan diadakannya diklat ini mampu meningkatkan kinerja para peserta dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, dimana sesuai dengan target Millenium Development Goals (MDGs) PBB sebesar 80 % untuk daerah perkotaan dan 60 % di daerah pedesaan, dengan kemampuan manajerial yang mumpuni di unit masing-masing, harapannya ke depan PDAM akan bisa mencapai target MDG’s tersebut. Kemampuan manajerial merupakan kemampuan yang sangat vital dalam proses pengelolaan unit kerja di PDAM yang memiliki dampak besar pada pelayanan air minum kepada masyarakat.

Sebagai langkah ke depan diharapkan akan bisa terlaksana diklat-diklat serupa dengan peserta yang lebih banyak.

Semua peserta diklat ini terlihat antusias dan sangat menyimak materi-materi yang disampaikan oleh para pemateri. Hal ini salah satunya ditunjukkan pada saat sesi diskusi, tanya jawab dan penyampaian pesan kesan yang diwakili oleh Kursani peserta dari PDAM Kab. Tanah Laut, “saya mewakili teman-teman peserta sangat senang sekali dengan diadakannya diklat ini, karena selain menambah ilmu pengetahuan juga menyambung silaturrahim antar personel dari berbagai PDAM” ujarnya penuh semangat.

Pada diklat kali ini dipilih peserta dan pemateri favorit yang dipilih melalui polling yang disebarkan panitia kepada seluruh peserta. Terpilih sebagai peserta favorit adalah Badaruddin Saleh dari PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda Kalimantan Timur dan sebagai pemateri favorit adalah Drs. H. M. Rifqie Basri, MS, yang juga merupakan salah satu ketua DPP PERPAMSI

Author:

Polls

Kualitas air PDAM

View Results

Loading ... Loading ...