Berita PDAM Intan Banjar

Kabar Terbaru

DIKLAT UNIT PRODUKSI PDAM INTAN BANJAR SE-KALIMANTAN SELATAN, TENGAH & TIMUR BANJARBARU, 11 – 13 DESEMBER 2012

December 20, 2012

Diklat Unit Produksi PDAM INTAN BANJAR SE-KALIMANTAN SELATAN, TENGAH & TIMUR ini berlangsung pada tanggal 11-13 Desember 2012 bertempat di Hotel Montana Syariah, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Acara secara resmi dibuka langsung Ketua DPP Perpamsi Bidang penyehatan yang juga sebagai Direktur Utama PDAM Intan Banjar Drs. H. M. Rifqie Basri, MS, dimana pada kesempatan itu beliau menyatakan sangat mendukung dengan adanya diklat ini dan mengaku bangga terselenggaranya diklat ini. Diceritakan beliau, kebutuhan akan tenaga professional di bidang air minum khususnya unit produksi dengan kemampuan yang baik sangat mendesak, karena tantangan ke depan di bidang air minum semakin besar. Sekarang, dengan adanya kegiatan diklat ini diharapkan akan tercipta professiona-professioanl di bidang air minum khususnya unit produksi yang memiliki kompetensi tinggi, ujarnya. Pada acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPD Perpamsi Kalimantan yang juga merupakan Direktur Umum PDAM Bandarmasih H. Rahmatullah, SE. Acara berlangsung selama tiga hari oleh beberapa orang trainer yaitu Ir. Budi Sutjahyo, M.T., I.P.U. dari YPTD (Yayasan Pendidikan Tirta Dharma) PAMSI Jakarta, Abdullah Saraji, SE dari PDAM Intan Banjar dan Oscar Suardiwijaya konsultan bidang air minum dari Jakarta.

Trainer Ir. Budi Sutjahyo, M.T., I.P.U. menyampaikan materi diklat tentang “AIR BAKU DAN BANGUNAN PENYADAPAN”, “KOUGULASI DAN FLOKULASI”, ”S.P.A.M.” & “FILTRASI”, trainer kedua Abdullah Saraji, SE menyampaikan materi tentang “TINJAUAN UNIT PRODUKSI” dan trainer ketiga Oscar Suardiwijaya menyampaikan materi tentang “PENGETAHUAN TEKNIK PERPOMPAAN”, “PENGOPERASIAN DAN PERAWATAN POMPA”, & “VARIABLE SPEED DRIVE”.

Acara ini dihadiri oleh para peserta yaitu karyawan-karyawan dari berbagai PDAM se Kalimantan Selatan,Tengah & Timur. Peserta keseluruhan sebanyak 32 orang.

Pelaksanaan diklat ini sangat penting karena merupakan ajang untuk menimba pengetahuan terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi PDAM pada unit produksi. Diklat ini dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, dimana sesuai dengan target Millenium Development Goals (MDGs) PBB sebesar 80 %, dengan kemampuan yang mumpuni di unit produksi, harapannya ke depan PDAM akan bisa mencapai target MDG’s tersebut. Unit produksi merupakan unit yang sangat vital dalam proses pelayanan air minum kepada masyarakat, dimana dengan proses produksi air minum yang baik akan dihasilkan air minum yang baik yang sesuai dengan Permenkes No. 492 tahun 2010, yang mana air minum tersebut aman & sehat untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Sebagai langkah ke depan diharapkan akan bisa terlaksana diklat-diklat serupa dengan peserrta yang lebih banyak.

Semua peserta diklat ini terlihat antusias dan sangat menyimak materi-materi yang disampaikan oleh para trainer. Hal ini salah satunya ditunjukkan pada saat sesi diskusi dan tanya jawab ada beberapa pertanyaan dan statement yang memperlihatkan dukungan terhadap business plan PDAM INTAN BANJAR ini. Salah satu peserta yang sangat antusias pada diklat ini yaitu Saudara Jamal Abdul Nasir yang juga seorang operator produksi pada salah satu PDAM di Kalimantan Selatan, bahkan merasa perlu diklat seperti ini dilanjutkan dengan durasi waktu yang lebih lama.

Author:

Polls

Kualitas air PDAM

View Results

Loading ... Loading ...