Home » Berita & Kegiatan » Berita Umum » DPD PERPAMSI KALSEL BERSAMA PDAM INTAN BANJAR ADAKAN PELATIHAN PENGENDALIAN KEHILANGAN AIR (NRW) PDAM SEKALIMANTAN SELATAN

IMG_0329Dalam upaya untuk menurunkan tingkat kebocoran air yang menjadi masalah disetiap PDAM, terutama PDAM yang ada di Kalimantan Selatan maka PDAM Intan Banjar bekerjasama dengan DPD Perpamsi Kalimantan Selata dengan Bagian SDM menyelenggarakan Pelatihan Pengendalian Kehilangan Air (NRW) di Aula Intan III PDAM Intan Banjar, Banjarbaru. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, 18 – 20 Desember 2017. Jumlah peserta sebanyak 32 orang berasal dari PDAM Intan Banjar, PDAM Tabalong, PDAM Balangan, PDAM Amuntai, PDAM Kandangan, PDAM Tanah Bumbu dan PDAM Kotabaru.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua DPD Perpamsi Kalimantan Selatan Sekaligus Direktur Utama PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar, S.AP MAP, mengatakan bahwa pelatihan ini dimaksudkan agar  kita bersama-sama dapat belajar mencari cara untuk menekan angka kehilangan air  di PDAM masing – masing.  “Kehilangan air tidak bisa ditiadakan, namun bisa dikurangi. Kehilangan non fisik selalu lebih mudah ditangani daripada kehilangan fisik. Sehingga merupakan prioritas utama dalam penangangan kehilangan air. Penurunan kehilangn air menjadi hal yang utama bagi semua PDAM, keadaan tersebut akan berpengaruh terhadap meningkatnya pendapatan menjadi lebih baik, meningkatnya kinerja pelayanan serta kesejahteraan pegawai ”.

Dalam kunjungan Walikota Banjarbaru Drs. H. Nadjmi Adhani dan Bupati Kabupaten Banjar KH. Khalilurrahman ke ruang pelatihan dan menyampaikan motivasi kepada para peserta. “Perusahan daerah tidak selamanya merugi apabila dikelola dengan baik, dan ini telah dibuktikan oleh PDAM Intan Banjar. Pelatihan ini merupakan suatu langkah dalam mengelola kehilangan air yang nantinya akan berdampak pada kemajuan perusahaan” ungkap Nadjmi.

Para peserta yang datang dari berbagai daerah terlihat sangat antusias dalam pengikuti pelatihan ini. Mereka mengaku bahwa sangat sulit untuk menurunkan kebocoran di PDAM mereka karena biaya yang terbatas dalam penggantian pipa dan meter air, Pelatihan selama tiga hari ini mendatangkan Instruktur dari Akatirta Wiyata Magelang, Awaludin Setya Aji, ST, M.Eng, IPM. Materi yang diberikan meliputi Gambaran Umum program penurunan NRW, Penjelasan teknis perhitungan neraca air, Aspek teknis penurunan NRW dengan berbagai metode, strategi pengendalian kehilanga air fisik dan non fisik.

Dalam penutupan acara, Ketua DPD Kalsel sekaligus Dirut PDAM Intan Banjar, Syaiful Anwar, S.AP. MAP mengharapkan pelatihan ini benar – benar ditindaklanjuti oleh manajemen masing – masing PDAM yang telah mengikuti pelatihan, serta jangan segan  untuk berbagi ilmu yang telah didapat. (ENS)

Categories: Berita Umum