Berita PDAM Intan Banjar

Kabar Terbaru

EKSPOSE BUSINESS PLAN PDAM INTAN BANJAR 2012-2017

October 9, 2012

Ekspose business plan PDAM Intan Banjar 2012-2017 ini berlangsung pada tanggal 9 Oktober 2012 bertempat di Mahligai Sultan Adam Martapura. Acara secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Banjar H. Pangeran Khairul Saleh, dimana pada kesempatan itu beliau menyatakan senang dengan adanya kegiatan ini dan mengaku bangga dengan kinerja PDAM Intan Banjar hingga saat ini. Diceritakan beliau, sebelum tahun 2005 PDAM Intan Banjar sempat merugi sekitar 421 juta. Namun sekarang berhasil meraih keuntungan sebesar 4,9 Milyar pada tahun 2011. Ini suatu prestasi sangat membanggakan, ujarnya. Acara berlangsung dengan pemaparan presentasi oleh beberapa orang pemateri yaitu Ir. Budi Sutjahyo, M.T., I.P.U. dari BBPSPAM (Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum) Kementerian PU RI, Drs. H. M. Rifqie Basri, MS sebagai Direktur Utama PDAM Intan Banjar, Drs. H. Said Abdullah,MSi sebagai Kepala BAPPEDA Kota Banjarbaru dan Mohammad Riza Dauly, ST dari BAPPEDA Kabupaten Banjar.

Pemateri pertama Ir. Budi Sutjahyo, M.T., I.P.U. menyampaikan presentasi tentang DASAR-DASAR  HUKUM TERKAIT PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM & KEWAJIBAN PEMERINTAH PUSAT, PROVINSI & KAB/ KOTA, pemateri kedua Drs. H. M. Rifqie Basri, MS menyampaikan presentasi tentang BUSINESS PLAN PDAM INTAN BANJAR & RENCANA PENGEMBANGAN SELAMA 5 TAHUN KE DEPAN, pemateri ketiga Drs. H. Said Abdullah,Msi menyampaikan presentasi tentang TINJAUAN BISNIS PLAN PDAM
DARI SUDUT PANDANG TATA RUANG DI KOTA BANJARBARU dan pemateri keempat perwakilan dari BAPPEDA Kabupaten Banjar menyampaikan tentang BUSSINESS PLAN
PDAM INTAN BANJAR DALAM PERSPEKTIF TATA RUANG DI KABUPATEN BANJAR.

Acara ini dihadiri oleh Para dewan pengawas, direktur bidang & kepala bagian di lingkungan PDAM Intan banjar,  seluruh stake holder yang terkait dengan PDAM baik dari legislatif maupun eksekutif di lingkungan Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru & Provinsi Kalimantan Selatan, Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Pengamat Air Minum, Tokoh Masyarakat Kabupaten Banjar & Kota Banjarbaru, Perwakilan Pelanggan Kabupaten Banjar & Kota Banjarbaru, LSM-LSM serta tidak ketinggalan para insan pers.

Pelaksanaan expose ini sangat penting karena merupakan rancangan pengembangan 5 tahun ke depan mulai 2012-2017. Rancangan ini disusun untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat. Cakupan pelayanan PDAM Intan Banjar saat ini baru mencapai 36,19 %, padahal target nasional 68 % dan target Millenium Development Goals (MDGs) PBB sebesar 80 %. Agar target tersebut tercapai PDAM Intan Banjar melakukan berbagai upaya, antara lain menambah investasi kurang lebih 1,2 Trilyun yang salah satu bentuk langakah investasi tersebut yaitu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan swasta perihal pembangunan IPA di Jalan Gubernur Syarkawi Kabupaten Banjar, “Kemungkinan 2013 sudah dapat dioperasikan” ujar Direktur Utama PDAM Intan Banjar Drs. H. M. Rifqie Basri, MS didampingi Direktur Teknik Harmadi Budi Santoso, SE, Direktur Umum Syaiful Anwar,SAP,MAP dan Ketua Dewan Pengawas Dr. Nurus Sjamsi, SE, MM. Selanjutnya PDAM Intan Banjar juga terus melakukan lobby dengan intens ke pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kab/kota, para developer/pengembang perumahan & pihak swasta lainnya. Setelah terbangunnya IPA Gubernur Syarkawi sebesar 500 liter/detik yang mengambil air baku dari sungai Martapura, pelayanan di zona barat bisa dipastikan aman sampai dengan tahun 2030. IPA ini dipakai untuk melayani kawasan Landasan Ulin, Beruntung Baru, Gambut, Kertak Hanyar, Sungai Tabuk dan sekitarnya. Setelah hal tersebut terealisasi fokus berikutnya akan diarahkan ke zona utama dimana untuk kebutuhan air baku langsung mengambil dari waduk Riam Kanan. Pengembangan ini memerlukan dana yang sangat besar, dimana akan dipasang pipa air baku dengan diameter 1,2 meter dari Waduk Riam Kanan ke IPA 2 Pinus. Jaraknya kurang lebih 25 Kilometer dan setelah dilakukan kalkulasi memerlukan biaya sekitar 315 Milyar. Kondisi saat ini IPA 2 Pinus melayani 22 ribu pelanggan di Kota Martapura & Kota Banjarabaru. Saat ini kapasitas produksi IPA 2 Pinus sebesar 188 liter/detik dan mengambil air baku dari saluran irigasi Riam Kanan yang setiap tahun mengalami gangguan sebanyak  5-6 kali untuk pembersihan gulma di saluran irigasi. Jika pengambilan air baku dilakukan langsung ke Waduk Riam Kanan dapat dipastikan kapasitas produksi bisa mencapai 1500 liter/detik dan menghilangkan gangguan pelayanan karena pembersihan gulma tersebut.

Semua peserta acara business plan ini terlihat antusias dan sangat mendukung program-program yang dipaparkan melalui ekspose kali ini. Hal ini salah satunya ditunjukkan pada saat sesi diskusi dan tanya jawab ada beberapa pertanyaan dan statement yang memperlihatkan dukungan terhadap business plan PDAM INTAN BANJAR ini. Salah satu peserta yang terlibat aktif saat sesi ini yaitu mantan Wakil Bupati Banjar yang juga tokoh masyarakat Kabupaten Banjar H. Mawardi Abbas terlihat sangat mendukung dan optimis terhadap perkembangan kemajuan PDAM INTAN BANJAR serta rencana masa depannya. Bahkan setelah acara berakhir masih banyak peserta yang mendiskusikan business plan tersebut.

Author:

Polls

Kualitas air PDAM

View Results

Loading ... Loading ...