Berita PDAM Intan Banjar

Kabar Terbaru
SILATURRAHIM JAJARAN DIREKSI PDAM INTAN BANJAR DENGAN AWAK MEDIA

SILATURRAHIM JAJARAN DIREKSI PDAM INTAN BANJAR DENGAN AWAK MEDIA

August 1, 2019

Bertempat di Aula Intan 1, pada hari Rabu pagi pukul 09.00 WITA tanggal 26 Juni 2019, berlangsung silaturrahim antara jajaran direksi PDAM Intan Banjar (IB), dalam hal ini dihadiri oleh Direktur Utama (Dirut) PDAM IB Syaiful Anwar, S.AP, M.AP dan Direktur Teknik (Dirtek) H. Said Umar, ST, SH, MS, dengan jajaran awak media, baik media cetak maupun media elektronik.

Pada kesempatan ini berlangsung dialog dengan suasana penuh kehangatan dan keakraban. Salah satu perkembangan yang hangat di diskusikan adalah terkait aturan aturan yang mengatur terkait Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), khususnya yang terkait PDAM. Sebagaimana yang telah difahami bahwa PDAM Intan Banjar merupakan Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Banjar yang didirikan sejak Tahun 1988 berdasarkan Perda No. 5 Tahun 1988. Seiring perkembangan, PDAM Kabupaten Banjar kemudian dirubah lagi melalui Perda Kabupaten Banjar No. 8 tahun 2001 tentang Perusahaan Daerah Air Minum, dan terakhir sesuai dengan adanya penyertaan modal oleh dua wilayah pemerintahan yaitu Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, maka Perda tersebut diperbaiki kembali dengan Perda No. 1 Tahun 2006 dengan nama PDAM Intan Banjar.

Pada tahun 2017 terbit Peraturan Pemerintah (PP) nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD sebagai turunan dari Undang Undang (UU) nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah yang mengamanatkan kepada BUMD untuk memilih sebuah bentuk baru, yaitu perusahaan daerah (perumda) atau perseroan daerah (perseroda). Setelah PP 54/2017 ini terbit, BUMD diberikan waktu maksimal tiga tahun untuk segera menyesuaikan dengan aturan baru ini. Dalam PP ini, BUMD diberi pilihan, apakah mau berbentuk perumda atau perseroda. Berbentuk perumda apabila kepemilikan hanya 1 daerah. Sementara, berbentuk perseroda apabila dimiliki oleh dua atau lebih daerah.

PDAM IB yang di miliki oleh 3 pemilik yaitu pemerintah kota banjarbaru, pemerintah kabupaten banjar dan pemprov kalimantan selatan, sedang dalam proses menuju perubahan status badan hukum menjadi perseroda. Pada kesempatan ini disampaikan oleh dirut PDAM IB, bahwa perubahan ini masih dalam proses dan melalui berbagai tahapan tahapan, tanggal 1 Juli nanti kita kan menghadiri rapat DPRD untuk membahas perubahan, semoga ini bisa secepatnya merubah status dari PD menjadi PT, ujar beliau.

Acara diakhiri dengan sesi makan bersama, menikmati hidangan khas banjar yang disuguhkan tim sekretariat PDAM IB. jajaran direksi PDAM IB dan para jurnalis terlihat berbincang santai dan penuh keakraban sambil menikmati sarapan pagi.

Author:

Polls

Kualitas air PDAM

View Results

Loading ... Loading ...