Berita PDAM Intan Banjar

Kabar Terbaru
TOWER AIR PDAM MENJADI IKON DI KOTA BANJARBARU

TOWER AIR PDAM MENJADI IKON DI KOTA BANJARBARU

November 28, 2017

Tower PDAM ini dulunya adalah bangunan tua yang kurang terawat milik Badan Pengelola Air Minum Daerah yang sudah tidak difungsikan sejak 1994. Namun beralih fungsi menjadi landmark cantik di pusat Kota Banjarbaru. Setelah hampir 3 bulan dilukis, tower PDAM di Taman Van Der Pijl akhirnya diresmikan oleh Walikota Banjarbaru pada Sabtu, 25/11/2017. Dalam persmian tersebut dihadiri oleh Dirut PDAM Intan Banjar, Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Kapolres Banjarbaru, seluruh jajaran Kepala SKPD Kota Banjarbaru dan para undangan yang hadir.

IMG_9917

Renovasi perbaikan tower diinisiasi oleh Pemerintah Kota Banjarbaru dan PDAM Intan Banjar, H. Nadjmi Adhani selaku Walikota Banjarbaru menyampaikan bahwa “sudah lama diinginkan adanya perbaikan terhadap tower ini, akan tetapi karena alasan regulasi jadi sangat sulit sekali kalau kita hendak membenahinya, sebab itu aset masih kepemilikan pihak lain, bukan pemerintah. Maunya bangunan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan publik. Baru tahun 2017 ini, muncul ide kami untuk mengubah wajah tower”.

Sementara itu, Dirut PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Banjarbaru karena telah memiliki gagasan untuk mempercantik tower milik PDAM Intan Banjar. “Semoga tower yang telah dirubah menjadi karya seni yang indah ini dapat menjadi ikon baru di Kota Banjarbaru, dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Banjarbaru khususnya. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan serta partisipasi PDAM Intan Banjar kepada Pemerintah Kota Banjarbaru untuk ikut bersama – sama memperindah dan mempercantik Kota Banjarbaru”, harapnya

IMG_9914

Tower air setinggi 30 meter dengan diameter 8 meter ini dibangun sejak 1978–79 dulunya merupakan booster air yang sekarang telah digantikan dengan instalasi pengolahan air pinus II milik PDAM Intan Banjar. Tower ini dibangun untuk mengalirkan air ke berbagai rumah warga banjarbaru, ketika dulu Banjarbaru masih kesulitan air bersih. Namun terabaikan dan tidak difungsikan lagi sejak tahun 1994, akibatnya kesan yang timbul saat itu, tower air hanya sebuah bangunan kurang terawat tanpa fungsi.

IMG_9913

Melalui tangan dingin Sulistyono Hilda, mampu mengubah dinding tower menjadi lukisan – lukisan mural yang cantik dan penuh makna. Pengerjaan lukisan dimulai pada bulan Agustus dan hampir tiga bulan proses pengerjaan akhirnya kini keindahan motif sasirangan, serta logo Pemerintah Kota Banjarbaru dan PDAM Intan Banjar pada bagian atas menara sudah dapat dinikmati oleh semua masyarakat. (ENS)

Author:

Polls

Kualitas air PDAM

View Results

Loading ... Loading ...